Home » » Cara Pasang Kotak Text Area Pada Blog

Cara Pasang Kotak Text Area Pada Blog

Cara Membuat Website Undangan Nikah Online

Nah... sekarang saya akan memberi tahu tentang text area.
tapi, sebenarya  apa Text Area itu???
text area adalah sebuah kotak yang bisa di isi dengan link atau tulisan. kalau ingin lebih jelas coba anda lihat di paling bawah blog ini, ada kan link buat tuker link atau banner. nah itu namanya text area.


text area ada macam-macam, sekarang kita coba tutorialnya...
dibawah ini cara buat text area tinggal copy di bawah ini :



<p align="center"><textarea name="code" rows="8" cols="15"> Tulis text ataupun kode-kode yang anda inginkan di sini, maka nanti tulisan anda akan tampil di dalam text area </textarea></p>


maka jadinya seperti ini :


Sedikit keterangan tentang diatas :

rows="8" adalah menunjukkan berapa tinggi text area, apabila anda ingin meninggikan lagi tinggal diganti angka yang lebih besar, sebaliknya juga sama apabila ingin lebih kecil tinggal diganti dengan angka yang lebih kecil.

cols="15" adalah menunjukkan berapa lebar text area, apabila anda ingin meninggikan lagi tinggal diganti angka yang lebih besar, sebaliknya juga sama apabila ingin lebih kecil tinggal diganti dengan angka yang lebih kecil.

ada variasi lain dari text area, yaitu menggunakan kata copy atau lainnya agar memudahkan untuk mengcopy isi dari text area. ini juga memudahkan bagi yang mengcopy agar tidak tertinggal suatu kata pun yang akan di copy. nah sekarang kalau belum paham coba lihat di bawah ini :

Copy HTML dibawah ini :

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Copy All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 120px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">simpan tulisan anda di sini, maka tulisan yang anda tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung</textarea></p></div></form>

Maka Hasilnya :



agar tahu apa yang ada di atas saya akan sedikit menguraikan kode-kode di atas. Kode di atas mempunyai dua elemen bagian, yakni elemen kode untuk membuat tombol yang bertuliskan Copy All, dan yang kedua adalah elemen kode untuk membuat text area.

Elemen tombol Copy All :
  1. <div align="center">-->kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right
  2. <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> --> kode ini artinya ketika tombol Copy All di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di tandai atau di blok, jadi anda jangan merubah tulisan ini.
  3. Value="Copy All" --> kata Copy All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan.




Elemen text Area :

  1. <p align="center"> --> ni menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika anda ingin text area anda berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right.
  2. <text style="WIDTH: 300px"> --> kata "WIDTH:300px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika anda ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, anda tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: "WIDTH:500px;"
  3. HEIGHT: 120px --> angka "120px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 120 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:80px.

Sekian Informasi dari Saya, Semoga Bermanfaat dan Sukses Selalu.



Salam, Reeza

Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog kami, semoga bermanfaat :)

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog ini sudah DoFollow, silakan berkomentar untuk mendapat backlink gratis. Mohon untuk tidak melakukan spam. Untuk semua, terima kasih atas komentarnya...