Home » » Cara Mudah Menghapus Widget Blog Yang Terkunci

Cara Mudah Menghapus Widget Blog Yang Terkunci

Cara Membuat Website Undangan Nikah Online

Biasanya bagi sobat yang baru saja memulai sebuah blog dan berdomain blogspot, terkadang masih bingung dengan beberapa settingannya. Misalnya soal pemasangan widget, pasti menemui masalah tentang widget yang terkunci. Mengapa bisa seperti itu? Jika sobat sering mengganti template memang selalu ada widget yang terkunci dari pembuatnya, padahal kita juga sebenarnya ingin mengedit template sesuai keinginan dan kreatifias kita. Untuk tampilan widget blog akan tidak terlihat opsi remove. Lalu bagaimana cara membukanya?

Berikut adalah contoh widget yang terkunci pada page element. Pada gambar tersebut terlihat bahwa widget Cari Artikel terkunci, tidak bisa di pindah maupun dihapus. Jika klik edit maka tidak ada opsi Remove. Untuk memunculkannya mari ikuti tutorial Menghapus Widget Blog Yang Terkunci.


1.  Login Blogger, masuk Design, lalu Page Element. Tentukan widget terkunci yang ingin bisa dikostumisasi. Sebagai contoh adalah seperti milik saya yaitu Cari Artikel.
2.  Selanjutnya pilih tab Edit HTML, jika merasa belum paham dengan bahasa html lebih baik download terlebih dahulu back up templatenya.
3.  Dalam edit Html, untuk memermudah pencarian tekan tombol Ctrl+F pada keyboard.Setelah keluar kotak pencarian, ketik sesuai judul widget yang ingin di cari misalnya Cari Artikel , nanti akan terlihat seperti ini.


4.  Pada pencarian pastinya di bagian depan terdapat kode <b:widget id='  yang menjadi kode awal penentu sebuah widget, kode di belakangnya terdapat locked='true' , nah itu yang menyababkan widget menjadi terkunci. Untuk bisa menkostumisasi kembali ganti true dengan false . 
Anda juga bisa mengubah setting widget lain, yang tadinya fungsi locknya false menjadi true dan sebaliknya. Lalu klik Save Template / Simplan Template.
5.  Masuk kembali ke Tab Page Element. Klik widget yang sudah disetting, dan pastinya sudah berubah yang tadinya merupakan widget locked menjadi widget yang bisa dikostumisasi ataupun diremove. Misalnya Cari Artikel, kemudian akan muncul popup. Pasti akan terlihat tombol remove. Seperti gambar dibawah



Sekian informasi dan tutorial dari saya tentang Cara Mudah Menghapus Widget Blog Yang Terkunci. Semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkannya dan mencarinya, terima kasih.



Salam, Reeza

Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog kami, semoga bermanfaat :)

5 comments:

cyan fotografi said...

kunjungan perdana....
wowo thnks bgt sob buat ilmu nya...........

Unknown said...

cucok bro daridulu cari ne

Farhan Breaker said...

thank bngt sobb ... buat infonya

visit my blog : http://farhanbreaker.blogspot.com

sewa ac said...

ternyata caranya sangat mudah ya bro. thanks ya

Decembering said...

kalau seandainya ada 2 klolom blog post. bagaimana cara menghapus salah satunya. dua2nya sudah saya unlock. tapi saya tetap tidak menemukan opsi remove di keduanya. boleh minta saran?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Blog ini sudah DoFollow, silakan berkomentar untuk mendapat backlink gratis. Mohon untuk tidak melakukan spam. Untuk semua, terima kasih atas komentarnya...