Home » , » Perkembangan Jenis Teknologi Printer

Perkembangan Jenis Teknologi Printer

SPONSOR :



     1. Dot-matrix Printer

     Printer Dot-Matrix merupakan pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. ketika mencetak suaranya cenderung keras serta kualitas gambar kurang baik dan bagus karena yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
     Namun kini masih banyak digunakan karena memang terkenal “bandel” alias awet. Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta untuk printer jenis lain.



     2. InkJet Printer

     Printer merupakan yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta yang diatur komputer, ke media cetak guna menghasilkan karakter ataupun gambar yang diinginkan. Printer ini tidak menimbulkan suara berisik seperti halnya printer sebelumnya.
     Karena resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 DPI), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan printer sebelumnya, khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat yang bersamaan.



     3. Laser-Jet Printer

     Memakai sistem yang hampir sama dengan mesin foto-copy, sehingga cetakkannya lebih rapi jika dibanding printer sebelumnya. Pencetakkan printer ini dilakukan dengan memfokuskan gambar yang akan dicetak titik demi titik yang dilakukan oleh semi conductor laser dimana output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka sangat cocok digunakan dalam dunia percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam.


     4. Digital Printer

     Keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Sekarang dapat dijumpai printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasian yang sederhana. Printer ini mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan perangkat komputer.


     5. All-in-One Printer


     Printer jenis ini mulai banyak digemari karena dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas. Berbagai fitur peralatan kantor dasar menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa jenisnya dilengkapi fitur unggulan dalam hal cetak (print), salin (copy), pemindai (scanner), hingga mesin fax menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa juga sudah menggunakan layar LCD warna untuk menampilkan operasi yang sedang berjalan maupun hasil jadi dokumen yang akan dicetak.

     Printer jenis ini juga menggunakan piranti koneksi lengkap mulai dari port USB standard, network (Ethernet), wifi, hingga Bluetooth.



     6. 3D Printer


     Sudah masuk ke Indonesia sejak lima tahun terakhir. Pada printer 2D, kita hanya memperoleh obyek yang tercetak di atas kertas. Sementara printer 3D adalah hasil cetakan berupa benda padat namun tidak hanya bisa dilihat, tapi juga memiliki volume, berat dan bisa dipegang/diraba bentuknya. Berbagai mesin cetak 3D telah dikembangkan dan sudah bisa diperoleh diIndonesia, meski harganya masih cukup mahal.

Berbagai bisnis startup kini bermunculan karena kehadiran printer 3D antara lain :
1) Make Eyewear, yang bisa mencetak kacamata dan aksesorisnya yang diperlukan.
2) Tecnologia Humana 3D, mencetak replika janin bayi dalam wujud 3D setelah melakukan USG bagi para ibu hamil.
3) Spuni, mencetak produk keperluan bayi, seperti sendok makan yang bentuknya disesuaikan dengan bentuk mulut bayi.
4) Thinker Thing, bisnis startup printer 3D tercanggih, yaitu memindai konsep yang ada di kepala kita, yang ditangkap ke dalam bentuk visual menggunakan komputer, kemudian dicetak menggunakan printer 3D menjadi satu replika.
5) Shapeways, mencetak model atau prototipe yang dipesan dari seluruh dunia melalui jalur online.


*Artikel ini dibuat, selain untuk berbagi informasi kepada pembaca, juga untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi, yang diampu oleh Bapak Muhamad Syukri dosen Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Referensi :
http://www.plimbi.com/article/69881/cara-kerja-printer/
http://www.stardataservice.com/2013/03/sejarah-printer-teknologi-printing.html/
http://rina.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/12/18/perkembangan-teknologi-printer/
http://ockyhafidz.blogspot.co.id/2012/10/printer-dari-gnerasi-pertama-hingga.html
http://www.beritaempat.com/perkembangan-printer-3d-di-indonesia/


Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog kami, semoga bermanfaat :)

4 komentar:

jamkho obat kolesterol mengatakan...

jenis 3d seperti mesin bordir kali ya

Nizam alghani mengatakan...

jangan-jangan nanti ada mesin cetak patung manusia dg tinggal foto saja caranya

obat pelangsing wsc biolo mengatakan...

akal manusia itu memang panjang

obat pelangsing ampuh aman mengatakan...

apa yang mustahil sekarang di kemudian hari jadi kebiasaan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Blog ini sudah DoFollow, silakan berkomentar untuk mendapat backlink gratis. Mohon untuk tidak melakukan spam. Untuk semua, terima kasih atas komentarnya...