Home » » Cara Manajemen Waktu dengan Efisien

Cara Manajemen Waktu dengan Efisien

SPONSOR :

Cara Manajemen Waktu dengan Efisien - "Kalau Anda cinta kehidupan, jangan sia-siakanlah waktu, karena bahan baku kehidupan tersusun dari waktu"(Benjamin Franklin).

Kata-kata tersebut saya baca di salah satu buku lks Bahasa Indonesia Kelas XI(yang saat saya menulis post ini masih kelas XI). Kalau Anda pahami, kalimat tersebut sederhana namun mengandung arti yang cukup dalam sebenarnya. Coba pikirkan, apapun yang kita lakukan saat ini, entah tidur, bermain, belajar atau membaca post ini waktu tidak akan pernah menunggu untuk membuat kita lebih tua. Alias kalau kita tidak ingin dimanfaatkan waktu maka kitalah yang harus memanfaatkan waktu.

Karena saya juga sebenarnya belum bisa membagi waktu dengan baik (maklum anak Sma banyak kegiatan -_-). Lalu untuk apa saya membuat post ini? well buat iseng aja :3


Ngga lah, kalau begitu caranya buat apa juga repot2 ngutip kalimat mutiara sama ngetik segini banyaknya.
Oke pada terlalu banyak basa-basi lebih baik langsung ke judul utama saja yaitu Cara Manajemen Waktu dengan Efisien. [Saya disini bukan buat lihat judul, tapi untuk mencari tahu cara Mengatur waktu dengan baik!]. Hehe daritadi nggak selesai-selesai aja(mulai saja belum -_-).

Okelah kalau begitu yang ini serius langsung saja.


1. Buat Jadwal

Menjadwalkan aktivitas penting, terutama urutan mana pekerjaan atau aktivitas yang lebih prioritas. Karena dengan menetapkan jadwal seperti itu. Anda tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang kurang penting. Seperti pernah juga sebagai pengalaman, saya menghabiskan waktu luang, dalam hal ini hari libur untuk hal yang kurang berguna yaitu bermain game online hingga PR dari sekolah terlupakan.



2. Lakukan Saat Ini Juga!
Kalau tidak sekarang kapan lagi? Lebih cepat, lebih baik. Tidak baik menunda-nunda pekerjaan. Ingatlah! pekerjaan yang Anda miliki saat ini belum tentu bisa selesai lain waktu, jangan sampai waktu terbuang sia-sia.
Pengalaman juga saya pernah, waktu itu sedang bermain game laptop. Karena sudah terdengar azan Zuhur,  segeralah saya ingin melaksanakan kewajiban tersebut. Tetapi karena game-nya belum selesai saya memutuskan untuk menunda sampai selesai. Lalu apa yang terjadi? setelah merasa bosan bermain, saya melirik jam di sebelah kiri taskbar dan ternyata sudah JAM 3! alias pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu cepat, menjadi tidak sempurna karena dalam mengerjakannya terkejar waktu.




3. Kejar Target
Apakah list dari jadwal yang sudah Anda buat sudah seratus persen terlaksana dengan sempurna? Saya pikir itu belum tentu. Misal Anda memiliki tugas akhir dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan, apakah Anda akan menyelesaikannya sesuai dengan waktu yang ditentukan?
Sebagian besar orang mungkin demikian, tetapi akan lebih baik jika Anda menarget harus selesai dalam 1 minggu misalnya. Karena waktu yang lain bisa saja lebih bermanfaat untuk mengerjakan hal lain seperti belajar untuk ulangan, mengerjakan tugas lain, beristirahat dan sejenisnya. Daripada dibuang untuk 1 tugas yang belum tentu lebih bermanfaat.




4. Buang Jauh Malas



Untuk apa Anda memelihara malas. Mungkin untuk menghambat tujuan dan cita-cita yang kita harapkan. jelas malas TIDAK AKAN membawa manfaat baik bagi kita. Seperti poin no.3 (Kejar Target), tujuan sulit untuk dicapai jika kita masih dihinggapi rasa malas.
Lalu bagaimana cara menghindarinya atau membuangnya? well, yang jelas Anda harus mempunyai dorongan dari diri sendiri. Salah satu contohnya misalnya sebagai pelajar, berpikirlah positif. Lebih baik membuang waktu untuk menjadi bodoh dan tidak berguna atau menjadi pandai, meraih banyak prestasi dan disegani banyak teman.



5. Konsisten
Konsisten? Ya konsisten. Inilah poin yang paling sulit menurut saya pribadi.  Padahal konsisten adalah kunci utama manajemen waktu yang baik. Coba pikirkan keempat poin diatas yang sudah saya ketik (Buat jadwal, Lakukan saat ini juga!, Kejar target dan Buang jauh malas), itu semua hanya akan membawa Anda pada manajemen waktu yang bersifat temporer(kalau yang tidak tahu artinya = sementara).
Kenapa saya bisa "mengetikkan" seperti itu?(bukan "mengatakan" lho).
Karena bisa saja, setelah Anda membaca post saya yang berjudul Cara Manajemen Waktu dengan Efisien, akan mempraktikannya sesaat kemudian melupakannya dan kembali ke kebiasaan lama. Dan kalau sudah begitu...
STOP! keluarkan saja tab dimana Anda membuka post ini, daripada mubazir membuang waktu Anda yang bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna.

Tentu Anda tidak dirugikan bukan, mengubah sedikit kebiasaan untuk mendapat hasilnya dan terbiasa disiplin menerapkannya?



Ingat ya... BULAKU KEJAR BULAKO (BUat jadwal, LAKUkan saat ini juga, KEJAR target, BUang jauh maLAs, KOnsisten).Karena bisa bermanfaat untuk Anda nantinya.




Akhirnya sampai juga ke penghujung post(memang ada acara apaan -_-). Sekian pos saya yang berjudul Cara Manajemen Waktu dengan Efisien. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya atau yang sekadar mampir ke blog saya. Jika dirasa bermanfaat, silakan klik like fb, follow, like fanspage, dan simpan dengan tekan CTRL+D. Terima Kasih.

Terima kasih atas kunjungan Saudara di blog kami, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Blog ini sudah DoFollow, silakan berkomentar untuk mendapat backlink gratis. Mohon untuk tidak melakukan spam. Untuk semua, terima kasih atas komentarnya...